Mengembangkan Jurnalisme Berbasis Data

Jurnalisme Data di Era Digital menjadi salah satu agenda diskusi menarik dalam helatan Jagongan Media Rakyat (JMR) 2016, (23/4). Digelar di Ruang Surat Kabar, Jogja National Museum (JNM)  diskusi ini menghadirkan narasumber yakni Muammar Fikrie (Beritagar.id), Wisnu Prasetya Utomo (Remotivi), Sirajudin Hasbi (Fandom.id) dan Fahri Salam (Pindai.com) sebagai moderatornya.

“Seiring perkembangan zaman, para jurnalis sudah mulai banyak yang menggunakan junalisme berbasis data karena teknologi-tenologi yang mendukung,” papar Fikrie, (23/4). Para narasumber menyoroti bagaimana jurnalis menggunakan data-data dalam penyampaian suatu pesan.

Jurnalisme data merupakan cara mencari berita secara kuantitatif. Berbeda dengan kualitatif yang lebih fokus padapersoalan mendalam.”Panama Paper salah satu berita yang menggunakan data-data juga berita tentang penyebaran ISIS juga bisa dijadikan sebagai data,” papar Wisnu.

Sejarah singkat jurnalisme data mengawali diskusi yang berlangsung mulai pukul 15.30 WIB ini. Berkembang sebelum tahun 2000, jurnalisme data berjalan seiring berkembangnya teknologi komputer. Itu  terjadi karena mengolah data sangat membutuhkan teknologi tersebut. “Contohnya seorang jurnalis selesai mengumpulkan data. Karena beritanya terikat deadline untuk ditayangkan, maka ia membutuhkan alat untuk mengolah data-data tersebut. Salah satu contohnya yaitu komputer dengan menggunakan aplikasi Excel,” papar Fikri.

Tak hanya membahas bagaimana jurnalis mengumpulkan data secara umum,  tetapi juga pada bidang-bidang khusus. Hasbi menyoroti pengumpulan data yang dilakukan jurnalis di bidang olahraga. “Di bidang olahraga dibutuhkan data-data. Contohnya, berapa kali sebuah tim mengalami penalti. Dan masih banyak data-data yang lain yang bertujuan untuk memuaskan para pecinta sepak bola,” pungkas Hasbi.

 

Penulis: Hartono Wira Ardi Jaya Kusuma Lase

Editor: Rosa Vania Setowati

Facebooktwittergoogle_pluspinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *